MAKALAH WISATA TAMAN LAUT BUNAKEN



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Pariwisata di Indonesia saat ini lebih mengarah kepada wisata alamiah yaitu mencakup wisata alam & wisata bahari. Yang berarti objek-objek wisata yang banyak dikunjungi adalah objek wisata alamiah. Oleh karena wisata alamiah menyangkut kondisi lingkungan maka keasrian, keaslian, kenyamanan & kebersihan objek wisata menjadi indikator penting bagi pengembangan ke arah yang lebih lanjut suatu objek wisata. Hal ini berarti objek wisata harus tetap terjaga dari segi ekosistem atau ekologi yang ada di objek wisata tersebut & disekitar objek wisata tersebut karena ini adalah konsep wisata berwawasan lingkungan. Konsep wisata berwawasan lingkungan berdasarkan pada prinsip konservasi & partisipasi masyarakat disekitarnya.
Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu ikon kota Manado yang telah mendunia. Banyak sumber daya alam seperti ekosistem dan keanekaragaman hayati yang terkandung didalamnya. Fenomena alam laut yang ada di Taman Nasional Bunaken berbeda dengan taman laut lainnya, inilah yang menjadikan Taman Nasional Bunaken menjadi aset penting bagi kota Manado. Potensi ekonomi yang dimiliki Taman Nasional Bunaken cukup besar, sehingga memberi kesempatan untuk masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.
1.2.Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah sejarah dari Taman Nasional Bunaken?
2.      Bagaimanakah regional wilayah Taman Nasional Bunaken?
3.      Apakah keunggulan dan kelemahan objek wisata Taman Nasional Bunaken?
4.      Berapakah akomodasi yang diperlukan untuk mengunjungi objek wisata Taman Nasional Bunaken?
1.3. Tujuan
1.      Untuk mengetahui sejarah dari Taman Nasional Bunaken
2.      Untuk mengetahui letak regional wilayah Taman Nasional Bunaken
3.      Mengetahui lebih jelas tentang keunggulan dan kelemahan Taman Nasional Bunaken dibandingkan Taman Nasional lainnya
4.      Mengetahui berapa akomodasi yang dikeluarkan untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken


BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Taman Laut Bunaken
Bunaken yang satu ini bisa sangat terkenal seperti sekarang ini dikarenakan keindahan taman lautnya, wisata ini ditemukan pada tahun 1975, dan dijadikan sebuah objek wisata andalan Sulawesi Utara. sebenarnyawilayah dari bunaken telah dihuni oleh penduduk semenjak tahun 1400, dan penduduk yang pertama kali menghuni tempat ini merupakan imigran dari kerajaan Bowontehu ( Manado Tua ) serta wilayah yang ditempati meliputi pulau Bunaken, Mantehage, Siladen, Naen, Talise, pulau Bangka, Gangga dan wilayah pesisir utara semenanjung Minahasa
Pada tahun 1850 an, masyarakat yang menduduki Tanjung Parigi berpindah ke Arah Tenggara yang letaknya ditepi pantai dan tepat berhadapan dengan Kota Manado sendiri. kemudian masyarakat tersebut mendirikan sebuah negeri yang oleh mereka diberi nama “Wunakeng” yang merupakan singkatan dari nama “Kinawungakeng”, kata Kinawunakeng sendiri mempunyai arti tempat tinggal. Kemudian pada perkembangannya, kata” Wunakeng ” sendiri diganti menjadi Bunaken yang merupakan singkatan dari “Pamunakeng” yang mempunyai arti tempat mendarat dari sebuah perahu.
Pada mulanya Taman Nasional Laut Bunaken ditemukan oleh sekolompok penyelam dari Kota Manado yang mencoba melakukan kegiatan ekspedisi penyelaman di tempat ini yang dilakukan pada tahun 1975. Dan pada saat mereka melakukan kegiatan penyelaman, nelayan setempat memperingatkan kepada para penyelam tersebut bahwa tempat yang mereka selami banyak terdapat roh jahat, akan tetapi para penyelam tadi tidak gentar dan terus melakukan kegiatan penyelaman. setelah mereka menyusuri tempat dibawah air laut Bunaken, penyelam – penyelam tadi menemukan tumbuhan laut di dinding karang masih murni dan ikan – ikan langka, yang membuat mereka terkagum – kagum melihat pemandangan yang sangat fantastis tersebut. semenjak itulah Bunaken menjadi tempat wisata yang sangat mempesona di Sulawesi Utara. kemudian pada tahun 1991 tempat ini menjadi salah satu Taman Nasional di Indonesia dan pada tahun 2005 Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu situs warisan dunia setelah didaftarkan ke UNIESCO.
2.2. Regional Wilayah Taman Laut Bunaken
http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/image/peta_bunaken.jpg
Gambar 2.2.1. Peta Lokasi Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken terdapat disekitar pulau Bunaken  yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.
Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.
Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.
Sebagai taman nasional (tahun 1991) dengan luas + 89.065 ha. Secara administratif pemerintahan berada pada Kabupaten Dati II Minahasa dan Kotamadya Manado, Propinsi Dati I Sulawesi Utara.
Cara mencapai lokasi :
Sangat mudah dicapai dari Manado menggunakan perahu motor dalam waktu 25 menit. Untuk penyelaman di daerah arakan dan Wowontulap dapat digunakan jalan darat selama + 40 menit.
Potensi kawasan :
Di dalam kawasan terdapat sebuah gunung yang sudah tidak aktif lagi yaitu G. Manado Tua (+ 400 m dpl). Topografi dasar perairan secara umum memiliki konfigurasi relief/contur dasar yang beragam. Walaupun topografi dasarnya beragam, tetapi tidak terdapat daerah yang berbahaya.
Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua termasuk beriklim tropis dengan curah hujan berkisar antara 2.000 – 3.000 mm per tahun, suhu udara antara 260 – 310 C. Musim kunjungan terbaik adalah pada bulan Mei s/d Agustus.
Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua sebagai taman laut terindah di dunia memiliki keanekaragaman jenis organisme akuatik yang langka seperti ikan duyung, dugong-dugong, lumba-lumba dan berbagai jenis ikan hias seprti Hippocampus sp., kima raksasa, penyu sisik, penyu hijau. Di wilayah dataran terdapat monyet hitam (Macaca nigra).
Ekosistem Taman Nasional Laut Bunaken terdiri dari berbagai habitat seperti padang lamun, rumput laut, terumbu karang dan hutan bakau.
index.jpg
Gambar 2.2.2 Taman Bawah Laut Bunaken

sssssss.jpg
Gambar 2.2.3 Taman Laut Bunaken
Bunaken merupakan salah satu lokasi menyelam yang terkenal di Indonesia. Bunaken menarik minat pecinta air dari seluruh dunia.
Bunaken memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, antara lain memiliki lebih dari 70 genus coral dan lima spesies penyu. Selain itu, terdapat 70% spesies ikan di Samudra pasifik, hiu karang, ikan duyung, ikan tuna dan barakuda, buaya laut, dan masih banyak lagi.Di Bunaken, Anda dapat melihat berbagai macam kehidupan laut yang indah, bahkan aneh. Air laut yang jernih mempermudah untuk melihat pemandangan di bawah laut.
2.3. Keunggulan dan Kelemahan Taman Laut Bunaken
2.3.1. Keunggulan Taman Laut Bunaken

            1.         Bunaken Merupakan Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Ada beberapa alasan lain kenapa para wisatawan harus mengunjungi taman laut bunaken. Perairan Taman laut bunaken juga merupakan tempat scuba diving yang terbaik dan sempurna di Indonesia. Bahkan ada suatu majalah wisata menyebutkan bahwa taman laut bunaken menjadi salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Penghargaan ini memang masuk akal dan tak berlebihan. Ada sekitar lebih dari 19 titik penyelaman di taman laut ini yang mana para penyelam akan dengan mudahnya menyelam sembari menikmati kekayaan biota laut.
Kesempurnaan menyelam di taman laut ini juga didukung keindahan lautnya yang masih alami dan asri. Taman laut bunaken juga dikelilingi lima pulau sehingga memberikan keuntungan dengan banyaknya titik menyelam di perairan tersebut. Walaupun taman laut bunaken memiliki perairan yang sangat luas, tetapi tak semua areanya dijadikan tempat dan titik menyelam untuk para penyelam. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga keasrian dan kealamian taman laut bunaken itu sendiri. Titik penyelaman yang diperbolehkan hanya daerah sekitar lima pulau tersebut. Dengan menyelam di perairan taman laut bunaken, penyelam juga akan melihat moluska di dalam perairan taman laut bunaken seperti ikan kepala kambing, kima raksasa dan lain-lain. Menyelam di perairan taman laut bunaken memang sedikit berbeda karena pemandangan dan keindahan laut itu sendiri. Melihat pemandangan laut sambil menyelam merupakan pengalaman yang sangat berharga. Anda juga akan menikmati bagaimana rasanya menyelam di perairan landai dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan laut berlalu lalang.
2.                   Menikmati Pengalaman Menyelam di Tebing Laut
Taman laut bunaken juga menyediakan fasilitas untuk menyelam di perairan dengan kedalaman lebih dari 18 meter. Selain itu, para penyelam juga akan menikmati bagaimana rasanya menyelam di wall diving atau tebing laut. Dengan menyelam di tebing laut, maka Anda akan merasa seperti menyelam di dalam jurang laut yang sangat dalam. Keunggulan ini membuat para penyelam di under water sangat senang untuk menyelam di taman laut bunaken. Mereka memiliki peluang dan kesempatan untuk mengabadikan keindahan taman laut tersebut. Tentu saja, mereka tak akan menyesal dan kecewa dengan keadaan bawah laut taman laut bunaken. Selama menyelam di perairan tersebut, Anda akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan penyu yang berumur ratusan tahun.

3.                   Bunaken Memiliki Biodiversitas Laut paling Lengkap

Taman Laut Bunaken sudah terkenal dengan kekayaan alam bawah lautnya sehingga sering diklaim sebagai taman bawah laut dengan biodiversitas laut paling tinggi dan lengkap di dunia. Sepertinya hampir semua jenis biota laut yang bisa ditemukan di taman laut ini seperti ikan laut, terumbu karang, penyu dan lain sebagainya. Hal ini membuat taman ini menjadi surga bagai para penyelam untuk melihat pemandangan laut yang indah dan lengkap dengan hanya menyelam di perairan tersebut. Anda bisa datang ke taman laut ini dengan akomodasi dan transportasi yang mudah tetapi waktu terbaik untuk datang adalah di bulan Mei dan Juni.

Di Bunaken, ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling dan diving dengan harga sekitar Rp 150.000/orang/hari. Dengan tarif sebesar itu, pengunjung mendapatkan masker, wetsuit, dan sepatu katak. Bila ingin mengambil foto di bawah laut, pengunjung diharuskan membayar tarif Rp 350.000. Bila membutuhkan pemandu snorkeling, ada tambahan biaya yang sama besar dengan biaya penyewaaan alat snorkeling. Pemandu akan siap mengajari para pengunjung bagaimana teknik menyelam yang baik, terutama bagi mereka yang belum terbiasa. Di bawah hamparan laut ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan dengan menikmati sajian terumbu karang dan pemandangan bawah laut lainnya yang begitu mempesona. Lokasi menyelam dapat dicapai dengan menggunakan perahu motor. Spot-spot terbaik untuk menyelam diantaranya Tembok Lekuan, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, Mandolin, Muka Gereja, Reruntuhan kapal di Manado, Siladen, dan Puncak Barakuda. Selain menyelam, pengunjung bisa menjelajahi kawasan ini dengan menggunakan kapal ataupun berjalan kaki.

2.3.2. Kelemahan Taman Laut Bunaken

Setelah Manado terkena banjir bandang Taman Laut Bunaken menjadi banyak sampah dan sisa-sisa lumpur membuat pemandangan Taman Laut Bunaken tak seindah dulu. Banyaknya sampah dan limbah juga disebabkan masyarakat yang tidak bertanggung jawab, adanya banyak sampah membuat terumbu karang yang rusak.

2.4. Akomodasi Objek Wisata Taman Laut Bunaken

Fasilitas dan Transfortasi Ke Bunaken

Untuk menuju taman laut Bunaken, anda bisa melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30-45 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken dengan menggunakan kapal pesiar/feri menempuh perjalanan sekitar 10-20 menit. Beberapa akomodasi hotel di kawasan Bunaken sudah tersedia dengan berbagai pilihan. Beberapa hotel dekat Taman Nasional Bunaken yang direkomendasikan yaitu Bunaken Island Dive Resort dan Bunaken Divers Sea Breeze Resort. Kedua hotel tersebut terletak di Pulau Bunaken. Terdapat juga penyewaan selam beserta instrukturnya. Untuk instruktur selam sudah menguasai bahasa Perancis, Belanda, Inggris, dan Jerman. Tentu saja Anda mungkin tertarik mencari penginapan atau hotel murah di Bunaken. Namun, sebenarnya Anda dapat memilih untuk menginap di kota Manado atau di Bunaken. Jika pilihannya di kota Manado, maka akan terdapat banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel melati berbiaya Rp 100 ribu per malam hingga hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah per malam.Jika Anda ingin menginap di Pulau Bunaken, Anda dapat mengambil cottage atau rumah tinggal yang banyak tersedia di sepanjang pantai di sana. Harga sewa cottage bervariasi, tergantung dengan jarak cottage ke lokasi taman laut. Semakin dekat lokasi cottage dengan taman laut, maka semakin mahal harga sewanya. Lazimnya, harga sewa dihitung per orang di sana. Rata-rata besarnya biaya sewa cottage di Bunaken adalah berkisar Rp 150 ribu hingga 350 ribu per orang per malam. Harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari dengan menu dominan seafood.

Tarif Kapal Ke Bunaken
Untuk tarif kapal ke Bunaken, anda bisa menyewa kapal dari dua tempat yaitu Pasar Bersehati atau Marina, sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken tarifnya berkisar antara Rp 300.000 - Rp 400.000. Sedangkan jika dari Marina tarifnya sekitar Rp 600.000 - Rp 800.000. Atau jika anda ingin yang lebih murah bisa menggunakan kapal tradisional dengan tarif Rp 50.000 per orang.

Harga Tiket Masuk Bunaken

Untuk memasuki kawasan wisata ini anda harus membeli tiket masuk, harga tiket masuk kawasan Pulau Bunaken berkisar Rp. 25.000 - Rp. 50.000,-/orang untuk sekali masuk Dan Rp. 150.000,-/orang yang berlaku 1 tahun. Jika Anda membeli tiket yang berlaku untuk 1 tahun, Anda akan diberi seperti lencana yang terbuat dari plastik sebagai pengganti tiket, anda dapat membelinya di Manado atau langsung di Taman Nasional Bunaken.

Spot penyelaman Bunaken

Menurut situs pariwisata Indonesia, spot/tempat penyelaman (diving) terbaik Bunaken berada di lokasi sebagai berikut:

  • Tembok Lekuan I,II,III
  • Tanjung Kopi
  • Muka Gereja
  • Siladen
  • Puncak Barakuda
  • Mandolin 
  • Bunaken Timor
  • Reruntuhan Kapal di Manado
  Tips Wisata Ke Bunaken
Bagi anda yang ingin berwisata ke Bunaken sebaiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tempat-tempat mana yang ingin anda kunjungi di Bunaken, jangan sampai ketika di Bunaken anda tidak mengetahui lokasi penyelaman atau tempat wisata yang ada disini. 
Untuk budget sebaiknya anda membawa budget lebih karena sewaktu-waktu tarif dapat berubah, sebelum menaiki kapal lebih baik anda bertanya terlebih dahulu mengenai rincian fasilitas yang disediakan oleh kapal tersebut, misalnya seperti apakah harus sewa pemandu untuk menyelam, harus memiliki sertifikat diving, asuransi atau lain-lainnya yang ingin anda lakukan dan anda butuhkan di Bunaken.
Lebih baik anda bersama kerabat anda yang sudah pernah berkunjung ke Bunaken, ikut rombongan atau menggunakan agen travel yang menyediakan paket/tour wisata ke Bunaken yang tersedia. Semua ini tentunya demi kenyamanan anda dalam berwisata ke Bunaken.





BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Taman Laut Bunaken adalah salah satu wisata Indonesia yang pesona laut yang sangat memanjakan mata. Taman laut Bunaken memiliki banyak macam ikan dan terumbu karang. Dengan objek wisata yang memukau sangat cocok untuk para diving. Namun sayang terumbu karang sedikit terpolusi karena pembuangan sampah yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab. Akomodasi dan fasilitisnya lumayan cocok untuk budget miring untung melakukan berwisata di taman laut bunaken ini.
3.2.Saran
Baiknya kita jaga kelestarian alam ini agar seimbang dengan ekologi lingkungan. Manfaatnya bukan untuk kita saja tetapi untuk anak cucu kita mendatang, dengan membentuk pembangunan berwawasan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.




DAFTAR PUSTAKA
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:42 AM
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:43 AM
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:43 AM
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:49 AM
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:49 AM
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:49 AM
DIAKSES SABTU,18/10/2015, 11:52 AM

5 Responses to "MAKALAH WISATA TAMAN LAUT BUNAKEN"

  1. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2ATcxRG

    BalasHapus
  2. Thanss for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2A1GPz7

    BalasHapus
  3. Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

    Plus, getting it running is as easy as 1, 2, 3!

    Here's how it works...

    STEP 1. Choose which affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and sell your affiliate products all on it's own!

    So, do you want to start making money??

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    BalasHapus